10 Cara Mudah dan Efisien Bekerja di Rumah

Posted on

Hal penting yang diperhatikan untuk 'Nyaman' bekerja di Rumah

Beberapa orang ingin merasa nyaman jika bekerja di rumah. Sebagian orang merasa, bekerja di rumah mengurangi tingkat efisiensi dan keefektifan pekerjaannya.

Sebenarnya, bekerja secara efisien dan efektif dapat dilakukan di rumah. Anda hanya perlu melakukan beberapa penyesuaian agar bekerja di rumah tetap nyaman dan berkualitas. Berikut ini 10  hal yang bisa Anda lakukan yaitu :

1.Singkirkan semua pengalih

Barang-barang seperti televisi dapat menjadi pengalih bagi pekerjaan Anda. Alangkah baiknya jika Anda menyediakan ruang khusus agar tidak teralihkan dengan mudah. Cara lain, Anda dapat mematikan televisi dan menerapkan disiplin diri agar pekerjaan Anda dapat terselesaikan.

2.Kursi nyaman

Berinvestasilah pada kursi atau sofa yang nyaman. Jika memilih kursi yang didesain khusus untuk tulang punggung, Anda dapat bergerak dengan lebih mudah dan terhindar dari nyeri.

3.Jaga kerapihan

Jika meja Anda penuh dengan barang pribadi, Anda tentu akan sulit berkonsentrasi dan bekerja. Buatlah tempat penyimpanan agar barang-barang tersebut tidak perlu sampai menumpuk di meja Anda. Cobalah disiplin dalam memisahkan mana barang pribadi dan yang berhubungan dengan pekerjaan.

4.Membuat jadwal

Tips ini hanya sedikit berhubungan dengan dekor ruangan Anda. Sediakan timetable atau jadwal Anda di ruang kerja. Tentunya, sebelum menyediakan jadwal tersebut Anda harus membuat rincian kegiatan yang perlu dipatuhi.

5.Singkirkan kabel

Buatlah sistem pengaturan kabel. Selain lebih rapih, kabel yang teratur juga mengurangi risiko membahayakan orang lain atau Anda sendiri karena seringkali tersandung.

6.Pastikan privasi

Jika Anda berbagi rumah dengan anggota keluarga lainnya, ada baiknya Anda menjaga privasi dengan menutup pintu atau menyekat ruangan. Mengurangi gangguan dapat membuat Anda bekerja dengan lebih baik.

7.Pilihlah lokasi ideal

Idealnya, Anda punya ruang bekerja khusus yang terpisah dari rumah utama. Namun, hal tersebut bukan kewajiban. Anda juga bisa mencari posiai ternyaman di rumah Anda dan menjadikannya tempat bekerja. Hal terpenting adalah cara Anda mampu bekerja dengan nyaman agar dapat efisien dan efektif.

8.Pencahayaan yang baik

Pencahayaan penting ketika Anda bekerja. Jika tidak cukup, Anda akan merasa tidak nyaman bekerja di ruang tersebut. Begitu juga jika terlalu terang.

9.Pajang karya seni

Meskipun tampak sepele, kehadiran karya seni dapat memberikan dinamika tersendiri pada ruang kerja Anda. Selain itu, karya seni seperti lukisan atau pajangan lain memberikan kesan personal pada ruangan tersebut. Tapi, perlu diingat, carilah karya seni yang mampu mempercantik ruang kerja Anda tanpa terlalu banyak mengalihkan perhatian.

10.Kesegaran area kerja

Terakhir, pertimbangkanlah kehadiran ornamen penyegar ini di ruang kerja Anda. Meskipun bukan pecinta tanaman, Anda pasti merasa adanya perbedaan antara ruang kerja yang memiliki bunga atau tanaman hidup dengan yang tidak memilikinya sama sekali. Carilah tanaman mungil untuk Anda pajang di ruang kerja. Tanaman ini dapat membuat ruangan terasa lebih hidup dan lebih segar. (sumber:homedit)

Jika anda membutuhkan konsultasi dengan team The EdGe, silahkan hubungi :

  • HOTLINE

    Telp :
    +6231 – 6012 – 3188 ;
    +6231 – 8191 – 3900

    Email :
    info@belisewarumah.com