15 Kesalahan dalam Dekorasi Interior Rumah

Tips menghindari kesalahan dalam dekorasi Rumah anda.

Banyak orang berpikir bahwa melakukan dekorasi rumah adalah hal mudah. Akibatnya, didalam menentukan warna dinding, membeli furnitur, dan meletakkan hiasan, hanya melakukan kegiatan asal asalan saja.

Memang,  sering dijumpai kesalahan dalam ruangan yang didekor sendiri oleh seseorang. Menurut Olive Avianca, desainer interior dan pemilik Slivbedroom, semua orang sebenarnya bisa mendekor rumah sendiri. Karena itu, apabila Anda ingin mendekor rumah sendiri, ada 15 hal yang perlu dihindari, agar mendapatkan hasil yang lebih maximal, yaitu

1. Membiarkan area foyer kosong

Menurut Olive, hal tersebut terjadi karena kebanyakan orang tidak tahu apa fungsi foyer. Intinya, foyer berfungsi sebagai area penerima tamu sekaligus ruang transisi sebelum berpindah ke ruangan dalam rumah.

2. Banyak kabel berserakan

Jangan abaikan kabel-kabel di rumah berserakan. Ini akan membuat rumah Anda terlihat kacau. Anda dapat merapikannya dengan klip kabel atau menyembunyikannya di balik furnitur.

3. Tema tidak sesuai dengan kondisi rumah

Ada baiknya, tentukan tema utama untuk ruangan di rumah Anda sebelum mulai membeli furnitur. Tentu, Anda tetap bisa memadukan dua tema asalkan ada kesatuan agar tetap enak dilihat.

4. Salah menempatkan furniture

Furnitur yang diletakkan sembarangan dapat membuat ruangan di rumah menjadi tidak nyaman. Sirkulasi manusia di dalam ruangan pun jadi terhambat.

5. Tetap menggunakan barang yang tidak cocok

Hibahkan pajangan atau hiasan di rumah yang memang tidak Anda sukai lagi, lalu ganti dengan yang baru. Sadar atau tidak, Anda akan merasa lebih nyaman saat ada di ruangan tersebut.

6. Terlalu matching

“Umumnya masyarakat non-desainer suka takut main warna, coklat lagi coklat lagi sepanjang pergantian tren,” ucap Olive.

Anda memang harus memberanikan diri bermain dengan warna agar dapat memberikan suasana berbeda. Padu padankan warna yang berbeda pada dinding dan furnitur.

7. Ukuran furniture tidak pas dengan luas ruang

Jangan pernah menggunakan furnitur besar yang berkesan “padat” untuk ruangan kecil. Jangan pula menggunakan furnitur serba mungil jika ruangan luas.

8. Kurangnya pencahayaan atau bahkan berlebih

Beri pencahayaan cukup untuk ruangan yang tertutup dengan sedikit bukaan. Pada ruangan dengan terlalu banyak bukaan, Anda bisa menyiasati dengan penggunaan tirai.

9. Teknik Asal asalan memasang hiasan dinding

Gantungan dinding dan pigura foto memang dapat menghiasi dinding di rumah Anda, tetapi penempatannya harus tepat. Sesuaikan ukuran hiasan dinding dengan luas dinding. Jangan memasang hiasan berukuran kecil pada dinding yang luas dan sebaliknya.

10. Terdapat Furniture menempel dengan dinding

Salah satu persepsi yang salah dalam menata ruang ialah menempatkan furnitur menempel ke dinding. Nyatanya, penempatan seperti itu malah membuat ruangan terlihat kurang menarik dan monoton.

11. Mengabaikan jendela

“Jendela dianggap sebagai sesuatu yang hanya mendatangkan panas dan tembus pandang dari luar sehingga wajib ditutup terus,” tambah Olive. Banyak sekali ide-ide unik untuk menghiasi jendela di rumah Anda.

12. Takut bermain warna

Tidak ada salahnya Anda mulai melirik warna-warna yang lebih berani. Pada intinya, hati-hati bermain warna, tetapi jangan sampai membuat Anda takut menggunakan warna-warna yang “tak biasa”.

13. Kesalahan memadukan warna

Banyak warna-warna yang sebenarnya cocok dipadu padan. Carilah referensi untuk memperkaya pengetahuan Anda mengenai padu padan warna.

14. Tidak menggunakan kaca cermin

Keberadaan cermin pada ruangan memang bukan hal utama, tetapi sebenarnya cermin juga berfungsi untuk dekorasi, sama seperti lukisan. Apabila ukurannya cukup besar, cermin juga dapat memberikan efek luas pada ruangan.

15. Ruangan yang terlalu “ramai”

Tentu Anda tetap bisa bermain motif, tetapi sebaiknya berhati-hati agar tidak mengesankan ruangan terlalu ramai dan membuat orang di dalamnya tidak nyaman.

(sumber:tabloidrumah )

Jika anda membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan hubungi team The Edge :

  • HOTLINE

    Telp :
    +6231 – 6012 – 3188 ;
    +6231 – 8191 – 3900

    Email :
    info@belisewarumah.com

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
This entry was posted in Interior, TIPS and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>