3 Cara agar Rumah bebas dari Suara Efek Jalan Raya

Tips Terbaik menggunakan Peredam Suara Efek Jalan Raya masuk dalam Rumah Minimalis

Mempunyai Rumah/ Ruko yang  tidak jauh dari jalan raya sebenarnya menguntungkan sekaligus merugikan. Keuntungannya, pemilik rumah mempunyai tempat strategis dan dapat pergi ke berbagai tempat dengan akses yang relatif mudah serta hemat biaya transportasi. Sebaliknya, pemilik rumah juga dapat terganggu dengan suara kendaraan, terutama pada malam hari. Permasalahan ini dapat diatasi dengan meredam suara dari jalan raya ke dalam rumah.

Menurut Matthew Boughan dari Acoustical Solutions di Richmond, Virginia, Amerika Serikat, memblokade masuk dan penyerapan suara merupakan dua hal yang sangat berbeda. Menyerap suara cenderung lebih mudah ketimbang memblokade suara. Berikut ini beberapa cara menyerap suara.

1. Panel akustik
Penambahan panel akustik pada dinding rumah setebal 2,5 cm. Lapisi dinding rumah Anda dengan material ber-NRC (noice reduction rating) 0,85 atau lebih. Beberapa waktu lalu, System Development Representative PT Petrojaya Boral Plasterboad Suwarso kepada Kompas.com mengatakan pihaknya memiliki produk khusus untuk memberikan akustik yang lebih baik bagi rumah.

Produk tersebut bernama Jayabell. Ini merupakan sebuah papan gipsum yang berlubang dan memiliki lapisan tisu akustik. Papan ini dikembangkan khusus sehingga memiliki kemampuan menyerap suara yang baik, dan cocok digunakan bagi ruang-ruang berkebutuhan akustik khusus. Lubang-lubang tersebut dapat membantu menyerap suara dan mengurangi gaung yang terjadi di dalam ruangan. Papan ini dapat digunakan untuk melapisi plafon melengkung dan dinding.

2.Pelapis Lantai

Penggunaan pelapis lantai yang dapat menyerap suara. Pelapis lantai tersebut terdiri atas gabus (cork), karpet, dan lantai kayu.

3.Gorden

Pemasangan gorden pada jendela dan pemisah ruangan. Cara ini termudah sekaligus mampu melakukan dua hal, yaitu menyerap suara sekaligus memblokade suara. Pilihlah gorden berbahan tebal seperti beludru atau wol. Anda juga bisa memilih bahan-bahan hasil modifikasi.

Sebuah laboratorium di Swiss, EMPA, dan desainer tekstil Annette Douglas telah menciptakan gorden kedap suara. Kain yang digunakan untuk gorden tersebut bisa memasukkan sinar matahari ke dalam ruangan, namun tidak memasukkan polusi suara ke dalamnya. Gorden tersebut terbuat dari polyester yang telah dimodifikasi. Sayangnya, gorden ini baru beredar di Amerika Serikat dengan harga cukup tinggi, antara 72 dollar AS (Rp 717.846) hingga 123 dollar AS (Rp 1.2 juta) per meter.

4.Pintu dan Jendela

Memastikan jendela dan pintu tidak akan “membocorkan” suara dalam keadaan tertutup. Bila perlu, lengkapilah jendela dan pintu dengan alat khusus “penyegel” suara.

Selamat mencoba !!!(sumber:houzz)

Jika anda membutuhkan konsultasi dan jasa The EdGe, silahkan hubungi :

  • HOTLINE

    Telp :
    +6231 – 6012 – 3188 ;
    +6231 – 8191 – 3900

    Email :
    info@belisewarumah.com

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
This entry was posted in Feel Home, Renovation, TIPS and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>