3 Cara mengurangi Suara Bising dari Tetangga Rumah

Tips mengurangi suara kicau ‘bising’ yang bersumber dari tetangga sekitar Rumah

Banyak kejadian yang dialami oleh keluarga jika hidup bertetangga, baik di luar negeri maupun di Indonesia. Ada beberapa cara seperti melaporkan ke RT/RW setempat dengan tujuan mencari solusi secara damai.

Memang, seperti itulah hidup bertetangga. Namun, jika masih juga menemui jalan buntu, Anda bisa mengurangi “gangguan” bisingnya tetangga Anda dengan 3 cara mudah berikut ini yaitu :

1.Kedap suara

Jika masih berada dalam tahap perencanaan konstruksi rumah dan sudah “mencium” adanya gangguan di masa depan, Anda dapat membuat rumah kedap suara atau setidaknya mampu meredam suara bising dari luar.

2.Menghalau suara

Anda juga dapat mengurangi atau menyerap suara bising itu. Mengurangi suara, berarti Anda menghalangi gelombang suara dari luar masuk ke rumah Anda.

Menurut situs ourproperty.co.uk, Anda dapat memblok suara dari luar dengan memberikan jarak yang jauh antara rumah Anda dan tetangga atau jalan. Selain itu, menempatkan barang-barang di jalur gelombang suara juga dapat Anda lakukan.

Salah satu cara paling efektif “menghalau” suara adalah membuat pagar. Semakin solid pagar Anda, semakin mampu menghalau suara.

Pagar tembok bebatuan dan beton sangat baik dalam mengurangi suara. Pagar setinggi minimal 2,5 meter dapat mengurangi suara mulai 6 desibel. Namun, seringkali pembuatan pagar setinggi ini tidak dapat Anda lakukan.

Anda juga bisa membuat pagar batu hanya setingi setengah meter untuk meredam suara ban. Jika pagar beton terasa sangat berat, cobalah menanam “pagar hijau” dari tumbuhan teh-tehan di depan rumah Anda.

Tanam juga pohon-pohon di sekeliling rumah. Selain mengurangi suara bising, tanaman hijau juga mampu membuat rumah Anda lebih nyaman.

Selain itu, menghalau suara dapat Anda lakukan dengan memasang papan gipsum di depan dinding beton Anda.

3.Menyerap suara

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, Anda juga dapat “menyerap suara”. Penggunaan gorden, karpet, dan tanaman dapat menjadi solusi Anda. Selain itu, pasanglah busa di dinding rumah Anda untuk menyerap suara.

Gunakan juga lis jendela yang terbuat dari vinil, kaca fiber, atau kayu. Hindari penggunaan pigura jendela dari besi karena jenis tersebut mengantarkan suara dengan lebih baik.

Untuk lanskap rumah, selain menanam banyak tanaman, “menyerap” suara dapat Anda lakukan dengan membuat air mengalir di pekarangan Anda. Air mengalir telah dikenal luas sebagai salah satu upaya “menenggelamkan” suara bising di luar rumah. Anda dapat melihat hal ini pada taman-taman di rumah-rumah Jepang.

(sumber:ourproperty.co.uk)

Jika anda membutuhkan konsultasi dengan team The EdGe, silahkan hubungi :

  • HOTLINE

    Telp :
    +6231 – 6012 – 3188 ;
    +6231 – 8191 – 3900

    Email :
    info@belisewarumah.com

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
This entry was posted in Feel Home, TIPS and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

12 Responses to 3 Cara mengurangi Suara Bising dari Tetangga Rumah

  1. y0es says:

    misi gan..mau numpang tanya..kebetulan kami kost di tempat yg berloteng (beton)..parahnya saya kebagian kamar pas dibawah orang lain,,dan kamar saya tidak ada pentilasinya hanya pintu aja,,jadi tiap ada aktivitas di ruangan atas,,suaranya nyaring terdengar,,okelah klo siang,,cuman sayangnya klo pas saya mau istirahat malam suaranya sangattt mengganggu..nah yg saya mau tanyakan bagaimana caranya meredam suara diruangan yg dikelilingi tembok beton dan tidak berpentilasi,,,mohon info ya

    • admin says:

      cara yang paling mudahnya tentunya dengan meredam suara dengan menggunakan busa sepon yang bisa dibeli meteran. busa sepon tersebut ditempelkan di plafon. ( tentunya akan memakan biaya yang lumayan besar )

      Diluar semuanya itu menurut kami cara yang paling efisien adalah berkomunikasi secara baik baik dengan penghuni kamar kost diatas anda.

      semoga bermanfaat
      terima kasih
      admin bsr.com

  2. Diana says:

    pak, bagaimana cara meredam suara bising dari luar rumah (luar rumah berupa taman perumahan, digunakan aktifitas olahraga dan bermain oleh para tetagga). sedangkan kamar memiliki balkon. suara dari taman terdengar kencang di dalam kamar.

    terima kasih sebelumnya.

    regards

    • admin says:

      Bisa menggunakan gorden, dinding yang ditempel gypsum, atau yang agak ekstrem adalah pemberian busa peredam ( biaya agak mahal ).
      untuk lebih jelas bisa menghubungi konsultan arsitek atau design interior terdekat di kota anda.

      semoga bermanfaat

      admin bsr.com

  3. Samuel says:

    mohon bantuannya dong, sy mau buat ruangan kedap suara.
    lebih kedap mana bata hebel, atau papan triplek 18mm, atau gipsum dobel ?
    apakah ruangan yg mengambang dpt kedap benar ?
    atau mohon reverensi nya cara buat ruang kedap luar dalam 3X3 m
    thanks ya :)
    sam 08179848551

    • admin says:

      bata tetap lebih kedap jika dipadukan dengan semen ( jd tembok ), karena ruang rongga lebih tertutup.

      untuk hasil maximal bisa menggunakan karet busa.

      semoga bermanfaat
      admin bsr.com

  4. afif says:

    pak,mau nanya ni.kamar saya itu dibagian dapur,sebelah kamar saya tu ada paviliun mak ane,,kamar ane ama tetngga sya itu menempel dindinnya trus kamar tetanggaku itu ada ventilasinya..dan suaranya tu bising skali.
    bagaimana solusinya agar tidak bising lagi suara tetngga saya, dan
    pembatas apa yang baik untuk kamar saya tetangga saya??
    biar bisa dibuatin ama emak saya.mohnnn info nya yaaaaa……

    • admin says:

      cara paling mudah pake busa/spon untuk peredam suara.
      harap pertimbangkan budget, karena harganya tidak murah

      semoga bermanfaat,

      admin bsr.com

  5. Angel says:

    Pak,mohon bantuannya.Sy mempunyai masalah dgn tetangga sebelah yang memelihara burung murai 3 ekor.Setiap pagi di gantung di depan rumahnya,berdekatan dengan jendela kamar sy.Suara kicauannya dasyat sekali dan tak henti2 membuat sy amat terganggu.Bagaimana cara untuk membuat kamar yang kedap suara?apakah dengan mengganti kaca jendela 8-10mm membantu?Lalu dengan menanbah lapisan dalam tembok kamar sy dgn gypsum membantu?Tolong bantuannya.Terima kasih!

    • admin says:

      kaca adalah peredam suara yang bagus. bisa mengurangi paling tidak 20-30%.
      cara lain adalah lapisan seperti di gedung bioskop ( biaya sangat mahal sekali, bisa puluhan juta ). ini sangat ampuh, tapi tidak worth it.
      saran yang paling baik adalah komunikasi dengan tetangga dan mencari solusi.
      thanks

      admin bsr.com

  6. daus says:

    pak mohon bantuannya, kamar sya bersebelahan dengan kamar tetangga, setiap hari pintu kamar tetangga selalu dibanting jadi suaranya pintu yg dibanting selalu terdengar di kamar sya, tolong info nya pak..

    • admin says:

      hal yang paling mudah, bicara baik2 dgn kamar tetangga.
      jika sudah mentok, tentunya dengan memberikan peredam pintu. ( bisa busa, glasswool dll ) , yg disesuaikan dgn budget.

      thanks
      admin bsr.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>