BI: Banyak Rumah hanya untuk investasi/spekulasi

Property news by the EdGe

Bank Indonesia (BI) mengungkapkan masih banyak hunian alias rumah yang ternyata kosong setelah dibeli pemiliknya. Hal ini menunjukkan masih banyak masyarakat yang membeli rumah hanya sebagai investasi bukan sebagai sarana tempat tinggal.

“Berdasarkan data, di wilayah Jabodetabek, untuk semester I-2010, dari seluruh produk hunian yang ditawarkan dapat diserap (terjual) sebesar 86,80%. Untuk semester II tahun 2010 dan semester I-2011 berturut-turut terjual 88,30% dan 89,40%,” jelas BI dalam Kajian Stabilitas Sistem Keuangan September 2012 seperti dikutip detikFinance, Selasa (6/11/2012).

Namun dari jumlah yang terjual tersebut, BI merilis tingkat hunian untuk semester I dan II-2012 serta semester I-2011 berturut-turut adalah 80,60%, 82,80% dan 85,20%.

“Diperkirakan hunian yang kosong ini antara lain adalah hunian yang dipergunakan sebagai sarana investasi/spekulasi untuk memperoleh kenaikan harga di kemudian hari,” terang BI dalam penjelasannya.

BI melaporkan, terdapat 3 faktor yang paling mempengaruhi masyarakat dalam mengajukan kredit properti adalah tingkat suku bunga, pendapatan dan besarnya uang muka. Mempertimbangkan faktor-faktor di atas dan kondisi saat ini, pertumbuhan KPR yang tinggi diperkirakan akan mendorong kenaikan harga properti.

“Memperhatikan yang terjadi di beberapa wilayah, di mana dalam beberapa tahun terjadi kenaikan harga properti yang cukup tinggi, terutama untuk segmen rumah kelas menengah atas dan apartemen, maka bila kondisi ini dibiarkan dikhawatirkan dapat menimbulkan pertumbuhan harga properti yang bersifat bubble, sehingga dapat meningkatkan risiko kredit bagi bank-bank dengan exposure kredit properti yang besar,” papar BI.

Selain itu, kenaikan harga properti yang tinggi pada tipe rumah menengah dan besar dikhawatirkan juga akan mendorong kenaikan harga rumah tipe kecil, sehingga menyebabkan harga rumah tipe kecil semakin tidak terjangkau.

Jika anda membutuhkan jasa the EdGe, silahkan hubungi :

  • HOTLINE

    Telp :
    +6231 – 6012 – 3188 ;
    +6231 – 8191 – 3900 ;

  • Pin BB : 30FBE15D

  • Email :

  • info@belisewarumah.com

 

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
This entry was posted in INFO / BERITA PROPERTY and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>