Cara Menentukan Harga Jual Properti Tanah dan Rumah Surabaya

Menjual properti tanah di Surabaya, maupun rumah serta properti lainnya memerlukan cara strategi tersendiri. Selain harus pandai dalam mencari konsumen, penjual juga harus cermat untuk menentukan harga. Karena properti yang dijual perorangan tidak memiliki harga baku tertentu.

Berikut beberapa tips Cara Menentukan Harga Jual Properti Tanah, Rumah dan properti lainnya :

1. Melakukan survei di lingkungan sekitar guna mencari pembanding, apakah terdapat rumah sejenis atau tanah yang ditawarkan di sekitar lingkungan rumah yang akan dijual. Silakan gunakan nilai harga jual untuk  pembandingnya.

2. Dari informasi harga penawaran yang dilakukan di rumah maupun tanah pembanding, anda dapat melakukan penyesuaian terhadap rumah atau tanah yang akan jual. Perbandingan dapat dilihat dari beberapa kategori, seperti luas bangunan dan tanah, karakteristik rumah, bebas banjir atau tidak, bentuk dan usia bangunan, legalitas, dan lain-lain. Dengan demikian, akan terlihat harga pasar untuk rumah atau tanah yang dijual di Surabaya.

3. Apabila dilihat secara keseluruhan rumah atau tanah yang akan dijual lebih baik dibanding rumah atau tanah pembanding, maka anda dapat menawarkan harga yang lebih tinggi, begitu juga sebaliknya anda juga dapat menawarkan harga yang lebih rendah berdasarkan hasil survey yang telah anda lakukan

4. Untuk menguji kebenaran harga yang telah ditetapkan, sebaiknya anda menganalisa harga bangunan dan tanah secara terpisah. Misalnya : harga tanah Rp.300 juta kemudian untuk bangunan Rp.300 juta, maka sebaiknya anda sebagai penjual dapat menawarkan rumah dengan harga 20% di atas harga total harga tersebut. Jika nanti terjadi negosiasi, maka anda dapat tetap mempertahankan harga wajar yang telah ditentukan sebelumnya.

5. Anda juga harus menentukan harga terendah rumah atau tanah tersebut (floor price), sementara itu pembeli juga harus menentukan harga tertinggi yang dapat dia bayar (ceiling price), pada selisih antara ceiling price dengan floor price inilah nantinya terjadi negosiasi yang kemudian menghasilkan transaksi (market price).

6. Anda jangan menentukan harga terlalu tinggi, karena umumnya para calon pembeli juga telah melakukan survei terhadap harga rumah yang akan dibeli di sekitar lingkungan kawasan tersebut. Apabila harganya terlalu mahal tidak akan ada yang menawar atau bahkan membeli. Dengan memasang harga yang wajar, pembeli tentu akan datang melihat tanah atau rumah anda.

7. Apabila anda tidak sempat melakukan survei untuk menentukan harga, anda dapat menggunakan jasa penilai properti (appraisal). Jasa penilai properti dibutuhkan supaya pembeli dan penjual dapat menemukan koridor market price.

Mudah-mudahan dengan tips singkat dalam menentukan Harga Jual Tanah Surabaya, kita dapat menjual lebih cepat properti kita dengan harga layak.

Jika anda membutuhkan konsultasi dan jasa agen Properti The EdGe,

silahkan hubungi :

  • HOTLINE

    Telp :

  • 031 – 8191 – 3900 ;

  •  031 – 6012 – 3188 ;
  •  0888  0351  0959 ;
  • Email : info@belisewarumah.com
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
This entry was posted in Cara Investasi, INFO / BERITA PROPERTY and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>