Cara Mengukur Potensi Kenaikan Harga Tanah Surabaya

Kenaikan harga tanah Surabaya tidak hanya ditentukan oleh faktor tunggal saja. Di mana pun lokasi tanah berada, harga tanah cenderung akan naik setiap tahunnya. Fakta umum mengenai harga tanah ini memang belaku universal. Faktor kenaikan harga tanah yang paling umum dikarenakan letak lokasi yang strategis. Karena itu dapat dipahami semakin strategis lokasi tanah tersebut, maka semakin tinggi pula harganya. Berdasarkan pada pemahaman tersebut, lokasi tanah yang strategis sangat ditentukan oleh pertimbangan faktor ekonomis. Pertimbangan lainnya seperti kenyamanan kawasan, tingkat kepadatan, lingkungan sekitar, dan lainnya, cenderung akan diperhitungkan belakangan.

Entah karena pertimbangan investasi atau hanya sekadar menabung aset, membeli tanah dengan lokasi strategis dan bagus pada akhirnya dapat menikmati profit keuntungan. Ketika memutuskan untuk melakukan transaksi pembelian sebidang tanah, disadari atau tidak , pembeli telah menakar harga jualnya dikemudian hari. Terselip sebuah harapan di tahun mendatang tanah yang dibeli akan meningkat harganya.

Untuk memastikan dalam kadar yang dapat dianalisa, pembeli tanah perlu melakukan pengamatan dari berbagai sisi, demi memprediksi kenaikan harga tanah Surabaya. Apa yang akan dibangun di sekitar lingkungan tanah tersebut untuk menentukan laju kenaikan harga tanah tersebut. Apabila  kawasan lingkungan seputar tanah tersebut sarat dengan pengembangan, banyak perumahan yang akan dibangun dengan, maka sendirinya sehingga harga tanah di sekelilingnya pun mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

Untuk memastikan kenaikan harga tanah di pasaran, anda dapat memperhatikan beberapa hal berikut:

1) Teliti terlebih dahulu bentuk tanahnya. Yang dimaksud disini adalah proporsi antara lebar depan dan lebar belakang apakah berbanding dengan panjang tanah. Ukuran tanah yang bagus ukurannya adalah yang memiliki bentuk kotak memanjang ke belakang. Tanah dengan model tersebut dapat dibangun untuk berbagai fungsi kebutuhan. Diatas tanah dapat dibangun rumah kost, rumah tinggal, bahkan ruko apabila memungkinkan. Ukuran ideal rata-rata untuk lebar depan tanah yang dianggap ideal dan memiliki potensi kenaikan harga yang tinggi tidak kurang dari 8 meter lebar depannya.

2) Fungsi komersial dari tanah tersebut. Mengetahui peruntukan dari sebidang tanah juga berarti mengukur fungsi komersial dari tanah tersebut. Lingkungan sekitar tanah juga dapat dijadikan cermin atau patokan. Apabila sederet lokasi tanah tersebut berdiri banyak ruko atau akan membangun hotel, dapat dipastikan nilai komersial tanah tersebut akan lebih tinggi. Pemilik tanah dapat melakukan konsultasi dengan arsitek berpengalaman guna memastikan lebih secara teknis.

3) Peruntukan lingkungan kawasan. Jika di masa depan mengalami perubahan peruntukan kawasan yang justru berkebalikan, sebagus apapun bentuk dan lokasi tanah maka dapat dipastikan harganya akan anjlok.  Perumpamaan paling mudah adalah dibangunnya fly-over atau  jembatan layang yang melintasi bagian depan sebidang tanah. Maka harganya akan mengalami penurunan karena tidak dapat lagi digunakan sebagai area komersial, bahkan untuk rumah tinggal pun tidak nyaman.

4) Akses jalan masuk. Jalan merupakan nilai faktor utama dari sebuah tanah. Jalan yang lebar serta tidak menikung tajam yang melintasi sebidang tanah akan berdampak langsung terhadap tingginya harga. Alasannya sangat berkaitan erat dengan fungsi komersial tanah. Jalan lebar memiliki daya tarik untuk mengembangkan perkantoran, perniagaan, pusat keramaian, dan lainnya. Selain itu, jalan lebar yang menjadi akses ke sebidang tanah akan berdampak positif untuk kelancaran dan kenyamanan mobilitas penduduk yang tinggal di kawasan tersebut.

Tips singkat ini dapat anda gunakan untuk menilai potensi kenaikan harga tanah Surabaya yang akan Anda beli maupun tanah yang akan anda jual. Karena pada prinsipnya appraisal independen atau jasa penilai aset independen biasanya menggunakan rumusan yang kurang lebih sama.

Jika anda membutuhkan konsultasi dan jasa agen Properti The EdGe,

silahkan hubungi :

  • HOTLINE

    Telp :

  • 031 – 8191 – 3900 ;

  •  031 – 6012 – 3188 ;
  •  0888  0351  0959 ;
  • Email : info@belisewarumah.com
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
This entry was posted in Cara Investasi, INFO / BERITA PROPERTY and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>