Cara Mengukur Potensi Kenaikan Harga Tanah Surabaya

Kenaikan harga tanah Surabaya tidak hanya ditentukan oleh faktor tunggal saja. Harga tanah akan cenderung naik tiap tahunnya, dimanapun lokasinya. Fakta yang mengatakan tentang harga tanah ini bersifat umum dan berlaku universal. Selama ini faktor tanah terjadi disebabkan karena letak lokasinya. Semakin strategis lokasi tanah tersebut, maka semakin tinggi pula harga tanah. Mengacu kepada wacana tersebut, lokasi tanah yang strategis sangat ditentukan oleh pertimbangan ekonomis, seperti pemandangan lingkungan sekitar, tingkat kepadatan, kenyamanan kawasan, dan lain-lain.

Entah karena pertimbangan investasi maupun karena sekedar menabung aset, membeli tanah dengan lokasi bagus pada akhirnya bertujuan untuk menikmati keuntungan. Saat memutuskan untuk membayar sebidang atau tidak, disadari aau tidak pembeli tersebut telah menakar harga jual tanah dikemudian hari. Sehingga terselip harapan di tahun-tahun mendatang harga tanah akan meningkat harganya.

Untuk melakukan analisa, pembeli tanah perlu melakukan pengamatan dari berbagai sudut dan segi untuk memperkirakan kenaikan harga tanah Surabaya. Apa yang akan dibangun di tanah tersebut, menentukan laju kenaikan harga tanah tersebut.  Apabila kawasan seputar tanah tersebut sarat akan pengembangan, maka banyak perumahan yang dibangun dengan sendirinya. Harga tanah di sekelilingnya akan mengalami kenaikan yang signifikan.

Anda patut memperhatikan beberapa hal guna memastikan kenaikan harga tanah di pasaran :

  • Meneliti bentuk tanah di lapangan.

Yang dimaksud dalam hal ini adalah proporsi antara lebar depan dan lebar belakang berbanding dengan panjang tanah. Bentuk tanah yang bagus ukurannya adalah yang memiliki bentuk kotak memanjang ke belakang. Tanah dengan model tersebut dapat dibangungn dengan berbagai fungsi. Dapat dibangun rumah kost, rumah tinggal, ruko, dll. Rata-rata ukuran ideal untuk lebar tanah dan mempunyai potensi tinggi kenaikan harga tanah lebar depan tidak kurang dari 8 meter.

  • Fungsi komersial tanahnya

Dengan mengetahui peruntukan sebidang tanah berarti dapat mengukur fungsi komersial. Lingkungan sekitar dapat dijadikan cermin.  Apabila lingkungan lokasi tanah tersebut banyak berdiri ruko bahkan jika dibangun hotel, pastikan mendapat nilai komersil tanah lebih tinggi. Pemilik tanah dapat berkonsultasi dengan arsitek yang berpengalaman guna memastikan teknisnya seperti apa.

  • Peruntukan kawasan

Sebagus apapun lokasi tanah, apabila di masa depan akan terjadi perubahan peruntukan kawasan yang berkebalikan dengan logika ekonomi, maka dapat dipastikan harganya akan turun. Perumpamaan yang paling mudah adalah dibangunnya fly over atau jembatan layang yang melintasi bagian depan sebidang tanah. Harga tanah akan turun karena tidak dapat lagi digunakan sebagai daerah komersil. Untuk rumah tempat tinggal pun terasa tidak nyaman.

  • Akses jalan masuk

Jalan merupakan faktor utama dari nilai sebuah tanah. Jalan yang tidak menikung tajam serta lebar yang melintasi sebidang tanah akan berdampak terhadap tingginya harga tanah tersebut. Hal berkaitan dengan fungsi komersial. Jalan lebar merupakan daya tarik untuk mengembangkan pusat keramaian, perniagaan, perkantoran, dan sebagainya. Selain itu, jalan lebar yang menjadi akses ke sebidang tanah akan berdampak positif bagi kelancaran serta kenyamanan mobilitas penduduk yang tinggal di kawasan tersebut.

Semoga tips singkat dan praktis ini dapat anda gunakan untuk menilai potensi kenaikan harga tanah Surabaya yang akan anda beli maupun tanah yang sudah anda miliki.

Jika anda membutuhkan konsultasi dan jasa agen Properti The EdGe,

silahkan hubungi :

  • HOTLINE

    Telp :

  • 031 – 8191 – 3900 ;

  •  031 – 6012 – 3188 ;
  •  0888  0351  0959 ;
  • Email : info@belisewarumah.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *