Developer Properti Ingin Proses Sertifikat Tanah dibawah 2 Tahun

Info Properti mengenai Proses Sertifikat Tanah di Indonesia

Para developer properti mengaku masalah perizinan dan birokrasi masih jadi kendala dalam bisnis mereka. Misalnya soal terkait waktu penyelesaian sertifikat tanah.

Wakil Ketua Umum Bidang Pertanahan Real Estate Indonesia (REI) Teguh Kinarto mengatakan pengurusan rata-rata pembuatan sertifikat di Indonesia saat ini memakan waktu yang cukup lama.

“Kalau pertanahan ini, kita sampaikan itu dan yang utama menyangkut sertifikat rumah murah bisa disederhanakan. Ini sejalan dengan Kemenpera (Kementerian Perumahan Rakyat). Selain itu juga melalui badan pertanahan nasional agar rumah murah bisa mendapatkan kemudahan,” katanya, di kantor kementerian perindustrian, Kamis (21/2/2013).

Menurut Teguh rata-rata mengurus sertifikat tanah induk saat ini membutuhkan waktu 2 tahun. Padahal idealnya bisa disederhanakan menjadi 2 bulan asalkan semua berkas dan data lengkap.

“Ada yang 2 tahun tergantung bagaimana kelengkapannya. Kalau semestinya 2 bulan kalau berkas lengkap. Yang paling penting saya ingin pemerintah punya political will untuk memprioritaskan pengembang kecil membangun rumah di bawah Rp 100 juta,” tuturnya.

Hal ini pihak REI menemui Menteri Perindustrian MS Hidayat untuk mendukung upaya percepatan kepengurusan sertifikat. REI berencana akan membuat satuan tugas (satgas) guna menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dengan kepengurusan sertifikat.

“Ini salah satu tugas kita melaporkan ke Pak Hi (MS Hidayat) sebagai ketua kehormatan. Karena usaha perumahan membantu masyarakat bawah agar tidak terjadi high cost jika kepengurusan sertifikat lama, itu yang kita diskusi. REI pusat akan membentuk satgas dalam membuat percepatan sertifikat. Kalau ini bekerjasama, hambatan dapat diselesaikan,” tandasnya. ( sumber:detik.com )

Jika anda membutuhkan jasa The EdGe, silahkan hubungi :

  • HOTLINE

    Telp :
    +6231 – 6012 – 3188 ;
    +6231 – 8191 – 3900

    Email :
    info@belisewarumah.com

 

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
This entry was posted in INFO / BERITA PROPERTY and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>