Ingin Investasi Tanah? Anda Sebaiknya Memperhatikan Hal ini

Seperti halnya apartemen atau rumah, investasi tanah juga sangatlah menguntungkan. Karena setiap tahunnya harga jual tanah Surabaya pasti akan mengalami kenaikan. Investasi tanah sudah dilakukan sejak dulu oleh orang-orang terdahulu sehingga terdapat istilah tuan tanah.

Investasi tanah sangat disukai oleh kebanyakan orang karena investasi tanah sangat menguntungkan, selain itu aman. Investasi tanah juga tidak perlu repot-repot untuk merawat seperti halnya apartemen atau rumah. Dibiarkan saja tanah tersebut dalam jangka waktu yang lama, maka harga tanah tersebut akan terus merangkak naik.

Nilai tanah bisa berubah menjadi semakin tinggi karena adanya program pengembangan pada tanah tersebut. Misalnya, tiba-tiba pemerintah menyetujui program pembangunan sebuah proyek besar di atas tanah yang telah lama terabaikan dan tidak terurus maka nilai tanah tersebut akan bernilai 10 kali lipat.

Akan tetapi ada beberapa hal yang sebaiknya harus anda perhatikan sebelum anda melakukan investasi tanah :

  1. Lokasi

Anda sebaiknya mencari lokasi tanah yang strategis. Apabila anda salah dalam memilih lokasi tanah, tanah yang anda beli ternyata bisa saja tidak memiliki akses jalan apabila tanah tersebut akan dibangun rumah.

  1. Survei

Lakukan survei terlebi h dahulu terhadap tanah yang akan anda beli. Anda juga dapat menggunakan agen properti yang telah anda pilih. Selain itu meminta bantuan kepada teman atau keluarga untuk membantu mencari info tanah yang akan dijual.

  1. Surat Tanah

Apabila anda sudah mendapatkan tanah yang sesuai dengan keinginan anda, maka periksalah surat-surat dan sertifikat tanah tersebut. Hal ini untuk menghindari terjadinya pemalsuan surat kepemilikan atau kepemilikan ganda. Karena apabila hal ini terjadii maka akan menggugurkan seluruh nilai investasi.

  1. Tawar Menawar

Sebaiknya anda tidak membuat penawaran pada kunjungan pertama anda. Pilihlah jenis atau type tanah yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan anda ke depan. Karena terdapat beberapa tanah yang hanya dijual untuk dibangun rumah tinggal atau untuk kepentingan komersial.

  1. Bentuk Tanah

Bentuk tanah yang ideal adalah tanah yang memiliki bentuk persegi. Bentuk persegi panjang juga cukup bagus dengan syarat lebar muka sekitar 40% – 75% dari panjangnya. Selain itu anda juga harus memperhatikan kedataran tanah, karena untuk mendirikan bangunan, orang akan lebih memiih tanah yang datar.

  1. Keamanan

Apabila anda membeli tanah di lokasi yang rawan kriminalitas atau kejahatan, maka harga tanah tersebut tidak akan berkembang atau naik. Sebaiknya anda mencari lokasi yang aman dalam mencari tanah

Dengan anda memahami beberapa hal yang penting

Dalam berinvestasi tanah, maka anda dapat menghemat uang dan waktu. Tanah yang berlokasi dekat dengan daerah yang berkembang atau dekat dengan pusat kota umumnya akan memiliki harga yang lebih tinggi. Seperti halnya kota Surabaya, nilai jual tanah Surabaya lebih tinggi karena Surabaya merupakan salah satu kota besar di Indonesia.

Semoga bermanfaat !!!

Jika anda membutuhkan konsultasi dan jasa agen Properti The EdGe,

silahkan hubungi :

  • HOTLINE

    Telp :

  • 031 – 562 . 3638 / 39 ;

  • 031 – 6012 – 3188 ;
  •  0888  0351  0959 ;
  • Email : info@belisewarumah.com
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
This entry was posted in Cara Investasi, INFO / BERITA PROPERTY, TIPS and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>