Jembatan 3 Dimensi Pertama di Dunia Ini Ada di Belanda

Pernah membayangkan kalau suatu saat akan ada jembatan 3 dimensi Sekarang sudah ada jembatan 3 dimensi pertama di dunia. Jembatan ini dibangun di Belanda.

Banyak bidang yang sudah menggunakan teknologi 3 dimensi (3D). Seni film, animasi, komputer, arkeologi, dan sebagainya.

Yang terbaru adalah printer. Mesin cetak 3 dimensi. Mesin ini bisa mencetak beragam bentuk 3 dimensi.

Tak disangka, teknologi ini juga bisa dipakai untuk infrastruktur. Saat ini sudah diresmikan jembatan khusus untuk sepda di sebelah tenggara kota Gemert, Belanda. Jembatan ini didesain dan dibangun oleh teknologi 3 dimensi.

Theo Salet dair Universitas Teknologi Eindhoven mengatakan, “Jembatannya tidak terlalu besar, tapi unik karena dibalut oleh desain 3D hasil dari printer 3D.”

Pencetakan desain 3D untuk jembatan ini menghabiskan 800 lembar material. Dbangun dengan teknik beton pratekan atau yang diberi tekanan internal dalam waktu 3 bulan.

Keuntungan menggunakan bahan cetakan 3D untuk pembuatan jembatan adalah beton yang digunakan lebih sedikit dibandingkan pembangunan jembatan secara konvensional.

Jembatan sepanjang 8 meter ini berdiri di atas selokan atau parit yang menghubungkan dua jalan.

Untuk memastikan keamanannya, jembatan tersebut telah diuji kekuatannya dengan beban seberat 2 ton oleh perusahaan konstruksi yang membangun jembatan itu, BAM Infra.

Meski hanya dirancang untuk sepeda, jembatan ini mampu dilalui 40 truk.

Marinus Schimmel, Kepala BAM Infra, menyampaikan, “Selain lebih sedikit menggunakan bahan cor atau beton, pencetakan material 3D untuk membungkus jembatan juga mempunyai banyak keunggulan. Seperti lebih sedikit menggunakan sumber daya langka atau yang sulit didapatkan, dan limbah yang dihasilkan berkurang.

 

Pencetakan material 3D jembatan telah selesai pada Maret tahun ini dan disematkan pada jembatan yang ada di atas kanal Amsterdam pada Juni 2017.

Mungkin suatu saat, tidak lama lagi, kita akan melihat pembangunan jembatan berbahan stainless steel dengan printer 3D.

 

Disadur dari Kompas Properti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *