Keuntungan dan Kerugian Investasi Tanah

Survei terlebih dahulu harga tanah di Surabaya

Negara Indonesia merupakan salah satu dari sekian negara yang mengalami pertumbuhan di bidang properti yang sangat signifikan. Apartemen tumbuh di berbagai daerah kota-kota besar di Indonesia ibarat jamur di musim hujan. Harga tanah di Surabaya pun mengalami kenaikan setiap tahunnya.

Tanah tidak pernah mengalami inflasi. Oleh karena itu, orang tua dan kakek nenek kita lebih memilih berinvestasi tanah dibandingkan dengan investasi yang lain. Mempunyai tanah memang mempunyai beberapa kelebihan, diantaranya harga yang cenderung meningkat dari tahun ke tahun serta biaya perawatannya yang minim. Apalagi jika tanah anda berada di lokasi yang strategis, maka kenaikan harganya dapat berlipat-lipat. Namun demikian ada beberapa hal yang harus diperhatikan diantaranya, tanah relatif lebih sulit dijual apabila dibandingkan dengan rumah atau apartemen. Apabila tidak diberi batas yang jelas, tanah seringkali disalahgunakan oleh beberapa oknum yang tidak bertanggung jawab. Berkembangnya harga tanah juga sangat berhubungan erat dengan rencana tata kota anda. Apabila daerah tersebut tidak berkembang, maka tanah anda bisa jadi tidak laku disewakan atau dijual.

Investasi memang menjanjikan beberapa keuntungan, akan tetapi sebagai investor harus jeli melihat kelebihan dan kekurangan investasi miliknya. Sebelum membeli, survei terlebih dahulu harga tanah di Surabaya. Selain itu pastikan legalitasnya free, clean dan clear. Free artinya bebas sengketa, nama pemilik harus sesuai dengan yang tertulis di sertifikat tanah. Clean berarti tanah tersebut tidak sedang digunakan untuk aktivitas kegiatan ekonomi lain atau ditempati oleh orang yang tidak memiliki hak. Clear artinya ukuran tanan tersebut harus tepat serta cocok batas-batasnya seperti yang tertera di sertifikat.

Keuntungan Investasi Tanah

  1. Perawatan tanah kosong tergolong kecil dari sisi biaya. Sebidang tanah tidak memerlukan pemeliharaan yang terlalu sulit apabila dibandingkan dengan bangunan seperti rumah. Ruko, kios, atau kantor.
  2. Capital gain dapat anda peroleh dalam jangka panjang (lebih dari 5 tahun). Jika anda ingin menjualnya setelah lima tahun, maka secara umum nilainya akan meningkat dua kali lipat. Properti yang memiliki capital gain dan return yang tinggi seperti tanah sebaiknya jangan dijual dalam waktu singkat. Sebaiknya tunggu dulu hingga harga naik cukup signifikan. Umumnya kenaikan nilai properti akan terasa setelah lima tahun.
  3. Nilai tambah (added value) dapat anda peroleh ketika lahan tersebut dikembangkan. Pada saat sekarang ini banyak ditemukan pengembangan rumah dalam skala kecil yang dikemas dalam bentuk cluster. Apabila lahannya strategis, kavling tersebut bisa juga dijadikan ruko.

Kekurangan Investasi Tanah

Tanah kosong atau lahan kosong umumnya tidak dapat mengahasilkan pendapatan atau income. Berbeda dengan investasi rumah atau ruko yang bisa disewakan. Akan tetapi, apabila lahan tersebut berada di lokasi yang strategis, seperti di tepi jalan raya, tanah tersebut dapat disewakan sebagai lokasi warung tenda atau kafe. Tanah kavling yang berukuran luas bisa dijadikan sebagai pool taksi, lahan parkir, dan lain-lain. Tanah yang berada di lokasi yang strategis juga dapat meningkatkan harga tanah di Surabaya.

Jika anda membutuhkan konsultasi dan jasa agen Properti The EdGe,

silahkan hubungi :

  • HOTLINE

    Telp :

  • 031 – 8191 – 3900 ;

  •  031 – 6012 – 3188 ;
  •  0888  0351  0959 ;
  • Email : info@belisewarumah.com
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
This entry was posted in Cara Investasi, INFO / BERITA PROPERTY and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>