Memperbaiki Engsel Pintu, Membuang Berisik

Tips the EdGe

Bunyi berderak akibat gesekan besi dengan besi pada engsel pintu, bagi sebagian orang sangat mengganggu karena membuat tidak nyaman yang mendengarnya. Bahkan, ada yang sampai berhalusinasi seperti di film-film horor.

Namun, bagi sebagian orang lain, mungkin merasa tidak terganggu. Bunyi tersebut malah dianggap berfungsi karena tahu ada orang yang masuk atau keluar melalui pintu tersebut. Nah, bila Anda adalah orang yang merasa terganggu dengan suara berisik dari engsel pintu, tips berikut mungkin bisa mengatasinya:

Pemeriksaan

Langkah awal, periksa engsel pintu. Jika hanya kering dan berkarat, cara mudah dan murah adalah mengolesinya dengan minyak goreng. Cara ini cukup efektif mengurangi bunyi derak engsel pintu, tetapi kurang mampu menghilangkan karatnya.

Jika mempunyai dana lebih, bisa membeli cairan pelumas yang sekaligus bisa menghilangkan karat. Cairan ini banyak dijual di supermarket.

Bunyi pintu berderak juga bisa diakibatkan oleh kendornya engsel pintu. Jika hal ini yang terjadi, tak perlu buru-buru memanggil tukang kayu. Anda bisa mencoba memperbaikinya sendiri bersama keluarga tercinta.

Mengencangkan sekrup

Periksa kondisi engsel pintu. Jika karena sekrup yang kendor, cara mudahnya adalah langsung mengencangkan kembali sekrup tersebut dengan obeng.

Namun, jika sekrup tidak mau dikencangkan, kemungkinan besar rumah sekrup-kayu kusen atau daun pintu sudah longgar. Ganti sekrup dengan ukuran yang sedikit lebih besar dan kencangkan.

Jika cara tersebut tidak berhasil, mungkin karena lubang sekrup terlalu kecil. Cara yang lebih baik adalah melepas daun pintu untuk memperbaikinya agar hasilnya lebih optimal.

Untuk melepas daun pintu, Anda bisa meminta bantuan istri dan anak-anak untuk memegang daun pintu, lalu lepaskan slop besi penghubung engsel pintu. Setelah engsel-engsel pintu terlepas, rebahkan daun pintu di lantai secara perlahan.

Kemudian, lepas sekrup-sekrup engsel pintu yang kendor, baik pada kusen maupun daun pintu, kemudian masukkan fiser sekrup pada rumah sekrup. Fiser ini berfungsi sebagai bantalan untuk menempel pada rumah sekrup saat sekrup diulirkan pada rumah sekrup.

Setelah selesai mengencangkan semua sekrup, pasang kembali daun pintu dengan memasukkan slop besi pada lubang penghubung engsel pintu. Setelah selesai memasang, olesi engsel pintu dengan cairan pelumas supaya hasilnya lebih optimal.

Nah, mudah bukan? Selain menghemat biaya untuk membayar tukang kayu, pengalaman berharga dan hubungan rumah tangga Anda akan lebih harmonis. ( Sumber : Kompas klasika )

Jika anda membutuhkan jasa the EdGe, silahkan hubungi :

HOTLINE

Telp :
+6231 – 6012 – 3188 ;
+6231 – 8191 – 3900

Email :
info@belisewarumah.com

 

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
This entry was posted in Exterior, Renovation, TIPS and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>