Seberapa Besar Peluang bisnis Properti Menengah bawah tahun 2013?

Property News by the EdGe

Djan Faridz: Butuh Rp 46 Triliun untuk Bangun 13,5 Juta Rumah

Indonesia kekurangan pasokan (backlog) perumahan hingga 13,6 juta unit rumah. Dibutuhkan dana sekitar Rp 46 triliun untuk membiayai kebutuhan rumah tersebut.

Demikian disampaikan oleh Menteri Perumahan Djan Faridz seperti dikutip detikFinance dari situs Kemenpera, Jumat (11/1/2013).

Djan Faridz mengatakan saat ini pemerintah telah menempatkan pembangunan perumahan dan kawasan permukiman sebagai salah satu prioritas dalam RPJM Nasional 2010 – 2014.

“Kekurangan kebutuhan (backlog) perumahan berdasar data yang ada berjumlah 13,6 juta unit rumah. Hal ini merupakan tugas pemerintah pusat, pemerintah daerah, pengembang, perbankan dan masyarakat luas untuk bersama-sama menyelesaikan masalah tersebut,” ujarnya.

Lebih lanjut, Djan Faridz menerangkan, pemerintah memang tidak bisa menyelesaikan penyediaan rumah untuk masyarakat sendirian. Diperlukan kerjasama dari semua pihak dan anggaran yang memadai agar target perumahan dapat tercapai.

Apabila pemerintah dalam satu tahun mentargetkan pembangunan 10 persen dari backlog perumahan maka hanya tersedia 1,35 juta rumah untuk masyarakat. Jadi perlu anggaran yang lebih besar agar program perumahan bisa berjalan dengan baik.

“Anggaran perumahan yang ideal untuk program perumahan jumlahnya sekitar Rp 46 triliun. Dana tersebut untuk membiayai pembangunan rumah untuk masyarakat yang jumlahnya mencapai 13,5 juta unit,” terangnya.

Meskipun dapat dikatakan anggaran perumahan tidak terlalu besar, namun pemerintah tetap berupaya memberikan subsidi dan dana stimulan perumahan untuk masyarakat.

Salah satunya adalah program perumahan swadaya untuk masyarakat di seluruh Indonesia. Walaupun targetnya sebetulnya tidak banyak tapi pemerintah memberikan perhatikan khusus terhadap program tersebut.

“Tahun lalu program perumahan swadaya mentargetkan pembangunan 250.000 rumah dan tahun ini sama. Jika tahun depan targetnya 500.000 rumah maka hingga tahun 2014 bisa dibangun 1 juta unit rumah swadaya,” imbuhnya.

“Target pembangunan rumah swadaya hingga 2014 sebanyak 1 juta unit, pembangunan Rusun 380 TB . Hal ini harus kita evaluasi apa yang kurang dan yang lebih agar pencapaian program perumahan bisa berjalan dengan baik,” tutup Djan Faridz.

(sumber:detik.com)

Jika anda membutuhkan jasa the EdGe, silahkan hubungi :

  • HOTLINE

    Telp :
    +6231 – 6012 – 3188 ;
    +6231 – 8191 – 3900 ;

  • Pin BB : 30FBE15D

  • Email : info@belisewarumah.com

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
This entry was posted in INFO / BERITA PROPERTY, WHY PROPERTY and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>