Tips Membeli Rumah Bekas Di Daerah Rungkut Surabaya

Sebelum anda memilih untuk membeli rumah di daerah Rungkut Surabaya, berikut beberapa tips yang dapat anda gunakan :

  1. Pilihlah perantara/broker yang tepat

Apabila anda terpaksa harus membeli rumah melalui jasa perantara/broker, maka anda harus memilih perantara yang sudah anda percaya atau anda kenal. Caranya adalah dengan meminta referensi dari saudara, teman atau kolega anda. Anda juga dapat menggunakan jasa perantara yang sudah memiliki kredibilitas yang baik. Hal ini bisa anda lihat ketika anda mengurus dokumen jual beli, apakah broker tersebut mau membantu anda. Bahkan saat pada saat pengajuan KPR ketika anda berencana membeli rumah tersebut dengan mencicil ke bank.

2. Menanyakan usia bangunan rumah

Anda dapat mengklasifikasikan usia bangunan rumah yang akan dibeli, yakni : usia bangunan baru berumur kurang dari 10 tahun, usia bangunan sedang berkisar antara 10 sampai 20 tahun, dan usia bangunan tua yang berumur lebih dari 20 tahun. Meski bukan merupakan patokan baku, anda sebaiknya juga dapat menanyakan kapan terakhir kali melakukan renovasi rumah. Karena renovasi rumah dipengaruhi oleh tipe struktur, kualitas pengerjaan serta kualitas bahan bangunan. Semakin tua usia bangunan rumah maka performanya akan semakin menurun, sehingga anda harus mempersiapkan anggaran dana untuk merenovasi rumah.

3. Memerikasa kondisi fisik rumah

Periksa kondisi fisik dengan detail setiap bagian rumah. Bila diperlukan, buatlah check list agar lebih mudah dalam melakukan pemeriksaan. Lebih baik lagi jika anda mengajak kontraktor kepercayaan anda untuk menilai kondisi rumah. Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan, diantaranya :

  1. Periksalah, apakah ada retak di dinding, pondasi dan balok
  2. Periksalah dinding rumah, apakah ada flek bekas rembesan air tanah
  3. Periksalah kualitas lantai, apakah mengalami penurunan atau retak-retak.
  4. Periksalah kondisi struktur atap, apakah masih dalam kondisi baik atau ada gording/balok yang keropos atau talang rumah mengalami kebocoran.
  5. Periksalah kondisi jaringan listrik PLN, apakah masih baik atau sudah rusak
  6. Periksalah kondisi jaringan air, apakah masih dalam kondisi baik dan memiliki kualitas air yang layak.
  7. Periksalah kondisi ruangan, apakah terasa lembab, segar atau bahkan terasa gerah.
  8. Memeriksa Lingkungan Sekitar Rumah

Carilah informasi tentang kondisi lingkungan di sekitar rumah. Anda jangan sampai kecewa karena ternyata lokasi rumah rawan keamanan, jauh dari fasilitas dan sarana transportasi, sering kebanjiran dan bahkan sulit diakses.

4. Memeriksa Dokumen Kelengkapan Rumah

Anda dapat memeriksa keaslian sertifikat Ijin Mendirikan Bangunan (IMB),  sertifikat rumah (SHM), bukti Pajak Bumi Bangunan (PBB). Kemudian lakukan pengecekan pada semua dokumen tersebut. Apabila nama yang tertera tidak sesuai dengan nama penjual rumah, anda dapat menanyakan status hubungannya. Apabila belum dilakukan proses balik nama, anda dapat meminta Akta Jual Beli. Sedangkan apabila rumah berstatus harta warisan, anda dapat menanyakan berapa banyak ahli waris yang sah. Hal ini sangat penting sekali guna menghindari masalah hukum yang dapat terjadi di kemudian hari.

5. Memeriksa Harga

Anda dapat mencari informasi mengenai harga pasar rumah dan tanah yang ada di sekitar lingkungan rumah yang dijual di Rungkut Surabaya. Hal ini berguna pada saat anda melakukan penawaran. Terlebih lagi ketika anda berencana untuk menjual lagi rumah tersebut di kemudian hari.

Semoga bermanfaat !!

Jika anda membutuhkan informasi dan konsultasi lebih lanjut, silahkan hubungi team The Edge :

HOTLINE

Telp :

+6231 – 6012 – 3188 ;
+6231 – 8191 – 3900 ;
0888 0351 0959

Email :  info@belisewarumah.com

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
This entry was posted in Jual Rumah Rungkut, Nirwana Eksekutif dan sekitarnya, TIPS and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>