Tips Membeli Tanah Kavling

Tips membeli tanah kavling di Surabaya

Sebelum anda membeli tanah kavling di Surabaya, sebaiknya anda mempertimbangkan beberapa hal. Salah satunya adalah harga tanah di Surabaya. Selain itu tujuan anda membeli tanah kavling, apakah untuk investasi atau dipakai sendiri, dapat menjadi faktor pertimbangan anda dalam membeli tanah kavling.

Tanah kavling adalah pemecahan sertifikat dari sertifikat induk hasil penggabungan maupun sertifikat induk biasa yang sengaja dilakukan pada beberapa bidang tanah dalam satu kawasan. Pemecahan tersebut dilakukan baik perorangan maupun badan usaha yang sah.

Sebenarnya tidak terdapat perbedaan antara membeli tanah kavling bidang per-bidang yang pada umumnya milik penduduk dengan tanah kavling dalam satu kawasan. Ketentuan dan persyaratan jual belinya sama

Dengan melibatkan penjual dan pembeli yang merupakan subyek hukum yang sah, tanah yang sah untuk diperjualbelikan, serta mekanisme jual beli yang sesuai dengan perundang-undangan maka transaksi jual beli tanah tersebut dianggap sah.

Tips berikut dapat menjadi pertimbangan anda sebelum membeli tanah kavling :

1. Cek Sertifikat Tanah

Sertifikat yang dimiliki tanah tersebut apakah masih berupa Hak Guna Bangunan (HGB) atau Sertifikat Hak Milik (SHM). Apabila sertifikat masih berupa Hak Guna Bangunan (HGB), tanyakan kepada pihak developer atau penjual, siapa yang menanggung biaya peningkatan hak menjadi Sertifikat Hak Milik (SHM).

2. Periksa batas tanah kavling

Perbedaan batas tanah yang tertera di sertifikat dengan yang dijelaskan oleh pihak penjual bisa berbeda. Sebagai pembeli, anda harus melihat langsung gambar batas tanah yang terdapat di sertifikat supaya tidak terjadi masalah apabila ternyata batas tanah yang tertulis di sertifikat berbeda dengan penjelasan penjual.

3. Cari tahu asal usul tanah

Sebaiknya anda jangan membeli tanah kavling bekas kuburan, bekas rumah ibadah, bekas tempat sampah karena secara fengsui tidak baik. Belilah tanah kavling bekas kebun atau sawah. Jika tanah tersebut sudah diratakan anda dapat mencari informasi di Kelurahan atau Kecamatan.

4. Akses jalan

Akses jalan juga sangat penting, karena selain menjadi kebutuhan dimanapun tanah kavling akan dibeli juga mempengaruhi harga tanah di Surabaya.  Pilih akses jalan yang dapat dilintasi oleh mobil baik melalui jalur kiri maupun kanan.

5. Perkembangan Lingkungan

Anda juga harus jeli dan cermat dalam melihat perkembangan lingkungan sekitar, terutama tetangga kir kanan. Jangan sampai anda membangun rumah, tetapi tetangga kiri kanan anda kosong dalam waktu yang lama. Apalagi jarak rumah anda dengan tetangga berikutnya sangat jauh sekali. Rumah anda akan terlihat sendirian.

6. Antisipasi bahaya sekitar

Anda harus menghindari membeli tanah kavling dekat dengan jalur listrik tegangan tinggi, jalur rel kereta, jalur pipa gas, tepi sungai dan bandara. Anda harus mengantisipasi tergusurnya pembangunan fasilitas umum.

Demikian tips membeli tanah kavling. Semoga bermanfaat bagi anda sehingga anda dapat mengestimasi harga tanah di Surabaya.

Jika anda membutuhkan konsultasi dan jasa agen Properti The EdGe,

silahkan hubungi :

  • HOTLINE

    Telp :

  • 031 – 8191 – 3900 ;

  •  031 – 6012 – 3188 ;
  •  0888  0351  0959 ;
  • Email : info@belisewarumah.com

 

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
This entry was posted in Cara Investasi, INFO / BERITA PROPERTY and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>