Tips Mengakali Bentuk Tanah yang Tidak Beraturan

Tips eksterior oleh the EdGe

Manusia pada dasarnya memang unggul dalam hal beradaptasi. Para arsitek dan design interior adalah salah satu bukti nyata kemampuan manusia mengembangankan kemampuan berpikir.

Salah satu contoh bukti nyata karya arsitek yang begitu “fleksibel&efisien” adalah rumah “Offset” yang ada di Sao Paolo, Brasil. Sebuah firma arsitektur Shieh Arquitetos Associados membangun rumah seluas 500 meter persegi di atas tanah seluas 545 meter persegi.

 

Rumah ini merupakan hasil langsung dari bentuk tanah yang rumit serta regulasi pembangunan gedung setempat. Melihat rumah ini untuk pertama kali, kesan pertama muncul adalah keleluasaan.

 

Lantai dasar rumah ini tidak dikelilingi dengan tembok beton, melainkan “dinding-dinding” kaca. Bahkan, kaca raksasa tersebut dapat dibuka untuk memberikan kesan lebih leluasa.

 

Berbanding terbalik, jika eksterior rumah ini penuh bebatuan, interiornya penuh dengan lantai kayu dan cat putih. Dalam area yang terbatas, cat putih mampu memberikan kesan lebih luas dan lebih “ringan”.

 

Rumah ini dibagi menjadi dua bagian, tiga level, dan satu rooftop. Lantai paling bawah di rumah ini berisi ruang televisi dan ruang cuci, sementara ground level berisi garasi, area pintu masuk, ruang keluarga, ruang makan, dapur, dan taman. Adapun upper level berisi tiga kamar tidur.

Tangga menuju upper level sengaja didesain tanpa pegangan dan landai. Selain mudah dilalui, tangga yang menempel pada dinding ini tidak menutupi visual dan tetap mempertahankan efek luasnya rumah ini.

 

Proporsi ketinggian ruang untuk ketiga level ini berbeda-beda. Namun, seluruhnya berhasil menampilkan rumah yang terkesan luas dan modern. (sumber:archdaily)

Jika anda membutuhkan jasa the EdGe, silahkan hubungi :

  • HOTLINE

    Telp :
    +6231 – 6012 – 3188 ;
    +6231 – 8191 – 3900 ;

  • Pin BB : 30FBE15D

  • Email : info@belisewarumah.com

 

 

 

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
This entry was posted in Exterior, Renovation, TIPS and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>