Tips Sebelum Membeli Tanah

Membeli tanah merupakan salah satu alternatif dalam berinvestasi 

Membeli tanah bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam berinvestasi karena harga tanah di Surabaya dalam jangka panjang biasanya akan selalu naik. Apabila anda menginvestasikan uang anda dengan membeli tanah, maka uang tersebut tidak mati, hanya saja investasi tanah tidak mudah diuangkan apabila dibandingkan dengan investasi ke dalam bentuk tabungan, reksadana atau deposito. Resiko yang lain adalah kenaikan tanah yang tidak selalu besar apabila anda berinvestasi selama 1-3 tahun. Kenaikan harga tanah secara rata-rata akan bernilai besar jika jangka waktu investasi anda di atas sekitar 10 tahun.

Apabila dana atau uang untuk membeli sebuah tanah yang digunakan membangun rumah sudah tersedia, maka pada saat anda membeli tanah anda harus berhati-hati, karena anda bisa saja tertipu dan kecewa karena tidak sesuai dengan keinginan dan harapan anda. Oleh karena itu sebelum anda membeli tanah, sebaiknya anda mempelajari terlebih dahulu tips-tips berikut :

  1. Sebaiknya anda tidak terburu-buru membeli tanah. Pelajari terlebih dahulu dan bandingkan harga tanah di Surabaya tersebut dengan harga tanah lain dengan kondisi yang hampir sama.
  2. Anda jangan membeli tanah yang baru dikavling karena harga tanah tersebut mahal.
  3. Carilah orang yang ingin menjual tanah karena kepepet atau membutuhkan uang karena harganya lebih murah.
  4. Apabila anda hendak menjual tanah tersebut 3 – 4 tahun mendatang, coba anda hitung apakah harga tanah sudah naik minimal 15% dari harga awal. Jika harganya masih sama, sebaiknya tanahnya jangan dibeli.
  5. Sebaiknya jangan membeli tanah yang berada di bawah jalur listrik bertekanan tinggi, yang berada di pinggir sungai atau dekat dengan pom bensin karena berbahaya bagi keselamatan anda dan keluarga. Anda juga harus memikirkan keselamatan dan kenyamanan keluarga anda.
  6. Carilah tanah yang memiliki letak yang strategis seperti di persimpangan atau di jalan protokol.
  7. Apabila anda sedikit mendapatkan informasi, anda sebaiknya menghubungi agen tanah, tetapi anda jangan sampai terkena rayuan dan harus ada beberapa pertimbangan
  8.  Periksa kelengkapan surat tanah tersebut apakah akte atau sertifikat saat terjadinya jual beli
  9. Sebaiknya jangan membeli tanah di daerah pemukiman lama karena biasanya sebagai pendatang baru, anda akan kurang dihargai. Belilah di kawasan pemukiman baru yang usia maksimalnya 20 tahun.
  10. Periksa lingkungan masyarakat sekitar, karena lingkungan masyarakat yang kurang baik dapat mempengaruhi keluarga anda.
  11. Jangan membeli tanah atau bangunan yang tidak mempunyai bukti kepemilikan atau surat apapun meskipun memiliki PBB karena PBB bukan merupakan bukti kepemilikan

Demikian tips sebelum membeli tanah. Semoga bermanfaat bagi anda sehingga anda dapat memperkirakan harga tanah di Surabaya.

Jika anda membutuhkan konsultasi dan jasa agen Properti The EdGe,

silahkan hubungi :

  • HOTLINE

    Telp :

  • 031 – 8191 – 3900 ;

  •  031 – 6012 – 3188 ;
  •  0888  0351  0959 ;
  • Email : info@belisewarumah.com
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
This entry was posted in Cara Investasi, INFO / BERITA PROPERTY and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>