Tips & Trik Menawar Harga Tanah di Surabaya

Harga tanah di Surabaya setiap tahun mengalami kenaikan

Investasi dibidang properti memang tidak ada matinya. Harga tanah di Surabaya setiap tahun mengalami kenaikan, begitu halnya dengan harga rumah, ruko, dll. Berinvestasi properti dapat bermacam-macam seperti rumah, kondominium, apartemen, dll. Saat ini properti yang banyak dipilih orang adalah tanah dan rumah. Selain perawatannya yang mudah, rumah dan tanah merupakan properti yang selalu dicari orang karena tanah atau rumah sudah menjadi kebutuhan masyarakat.

Jika anda ingin berinvestasi tanah, ada beberapa tips cara menawar dan membeli harga tanah di Surabaya :

ü  Carilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai tanah yang ingin anda beli. Carilah tanah yang memiliki lokasi startegis. Dalam membeli tanah sebaiknya jangan terburu-buru. Sebaiknya bandingkan terlebih dahulu harga tanah tersebut dengan harga tanah lainnya.

ü  Sebaiknya jangan membeli tanah yang baru dikavling karena harganya pasti akan mahal. Lebih bagus anda membeli tanah apabila ada orang yang menjual karena sedang membutuhkan uang.

ü  Periksa legalitas hukum tanah tersebut. Sebaiknya anda membeli tanah yang memiliki sertifikat hak milik. Jika bukan sertifikat hak milik, maka biaya untuk penerbitan sertifikat tersebut relatif lebih mahal dibandingkan dengan biaya pengurusan untuk tanah yang sudah bersertifikat, Apabila tanah tersebut masih bersertifikat hak guna bangunan, periksalah masa berlaku sertifikat.

ü  Perhatikan lingkungan sekitar, contohnya jangan mencari tanah yang dekat dengan pabrik atau dataran rendah karena beresiko banjir. Jangan juga mencari tanah dengan lingkungan yang kurang baik karena dapat mempengaruhi kehidupan keluarga anda.

ü  Periksalah apakah nama yang tertulis di sertifikat merupakan nama penjual langsung atau nama orang lain. Karena hal ini dapat merepotkan anda dalam mengurus surat-surat dan balik nama sertifikat.

ü  Apabila anda membeli sebagian (splitsing) maka anda harus segera melakukan pengurusan pemisahan (splitsing) dari sertifikat induk. Karena biasanya seringkali terjadi kesulitan untuk menemukan sertifikat induk ketika anda bermaksud untuk melakukan pengurusan balik nama dan splitsing sertifikat.

ü  Lakukan pengecekan sertifikat sebelum anda melakukan transaksi jual beli. Siapa tahu sertifikat tersebut bermasalah dan malah merugikan anda sebagai pembeli.

Apabila anda sudah memperhatikan beberapa hal di atas, selanjutnya anda tinggal tawar-menawar dengan penjual. Berikut beberapa trik menawar harga yang dapat anda gunakan :

  • Bersikap luwes dan ramah saat anda menawar harga tanah. Hindari bersikap kaku demi mengambil hati si penjual. Gunakan juga bahasa yang halus.
  • Jangan terkesan sok tegas dan memaksa. Cobalah bersikap memelas sedikit, siapa tahu penjual akan memberi anda diskon bahkan harga miring.
  • Jangan terburu-buru untuk mengambil keputusan dan mengatakan deal. Tunggulah beberapa menit untuk memberi kesempatan kepada penjual guna berpikir agar harga yang anda inginkan disepakati oleh penjual.

Demikian tips trik menawar harga tanah di Surabaya. Semoga bermanfaat.

Jika anda membutuhkan konsultasi dan jasa agen Properti The EdGe,

silahkan hubungi :

  • HOTLINE

    Telp :

  • 031 – 8191 – 3900 ;

  •  031 – 6012 – 3188 ;
  •  0888  0351  0959 ;
  • Email : info@belisewarumah.com
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
This entry was posted in Cara Investasi, INFO / BERITA PROPERTY and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>