5 Cara Praktis Merancang Taman

tips interior by the EdGe

Terlalu banyak keinginan tanpa persiapan yang baik bisa membuat Anda ragu membuat keputusan dalam merancang taman. Padahal, ada empat langkah mendasar yang sebetulnya Anda butuhkan untuk mengerjakan taman impian Anda di rumah.

1. Tak kenal maka tak sayang

Pepatah ini juga berlaku untuk Anda sebagai persiapan awal membuat taman. Sebagai alasan utama membuat taman, Anda memang harus lebih dulu menyenangi kehadiran lahan hijau di rumah Anda ini. Karena dengan begitulah, impian Anda memiliki taman benar-benar akan terwujud.

2. Konsep taman dan anggaran

Tak sulit untuk Anda membangkitkan kesenangan terhadap taman. Saat ini, berbagai referensi gardening semakin kaya dan mudah ditemukan, baik di majalah, pameran-pameran, maupun internet.

Setelah itu, barulah kemudian Anda memilih konsep taman yang Anda impikan sesuai tren atau rencana lama Anda, baik itu taman minimalis, taman tropis, atau taman kering yang mungil di sudut halaman. Jangan lupa, konsep pilihan Anda harus disesuaikan dengan isi kantong Anda.

3. Jenis tanaman

Konsep taman sudah didapat, kini giliran Anda memilih jenis tanaman yang akan mengisi taman Anda. Ada tiga kategori tanaman perlu diperhatikan sebelum memilihnya, terutama jika dikaitkan dengan perawatan dan kebutuhan air.

Jenis pertama adalah tanaman yang tahan dengan paparan sinar matahari, seperti jenis pisang-pisangan dan rumput. Sementara kategori kedua adalah tanaman yang membutuhkan 20 % – 30 % sinar matahari, yaitu aneka tanaman bunga.

Adapun kategori ketiga adalah indoor plant atau tanaman dalam ruang. Tanaman jenis ini hanya membutuhkan sedikit sinar matahari, karena bila terlalu banyak justeru akan menghambat pertumbuhan tanaman itu sendiri, yaitu daunnya mengecil dan warnanya yang berubah, seperti Dracena, Sansievera, dan Krisan.

4. Persiapan lahan

Kini, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan lahan. Tahapan ini sangat penting untuk diperhatikan dengan seksama. Tanpa persiapan yang benar dan matang, tanaman Anda tidak akan awet dan bentuk taman impian Anda tidak akan sesuai harapan.

Langkah pertamanya, Anda perlu menggemburkan tanah dengan alat sederhana dan manual seperti cangkul. Dengan begitu, pori-pori tanah akan muncul dan sangat berguna melancarkan jalannya akar tanaman untuk mencari makanan di dalam tanah.

Setelah gembur, Anda perlu untuk memberikan nutrisi tanah dengan taburan pupuk kandang. Kemudian, barulah Anda menanami taman dengan tanaman pilihan Anda. Hanya, pada saat menanam, Anda disarankan untuk tidak mengeluarkan tanaman dari plastik kemasan akarnya. Jika plastik sebagai media tanaman ini pecah, niscaya tanaman bisa layu.

5. Antisipasi serangga

Jangan sepelekan hal ini. Pasalnya, rayap bukan hanya merusak furnitur kayu di dalam rumah, melainkan juga merusak tanah dan menyerang tanaman. Ada baiknya, beri pestisida organik di tanah sekitar tanaman. Dengan pestisida, rayap atau serangga seperti semut dan kaki seribu tidak suka dengan bau pestisida.

Rasanya, semua langkah sudah bisa Anda ikuti. Namun demikian, Anda tidak bisa mendapatkan hasil kerja Anda dengan cepat. Idealnya, taman yang paling bagus sekali pun baru akan terlihat hasilnya setelah tiga bulan penanaman. Hal tersebut karena tanaman perlu waktu untuk “beradaptasi” dengan lingkungan rumah Anda. (sumber:campuran)

Jika anda membutuhkan jasa the EdGe, silahkan hubungi :

  • HOTLINE

    Telp :
    +6231 – 6012 – 3188 ;
    +6231 – 8191 – 3900

    Email :
    info@belisewarumah.com

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
This entry was posted in Exterior, Feel Home, TIPS and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>