Tikus Bakal Menjauh Dari Rumah Dengan 5 Cara Ini

Tikus Bakal Menjauh Dari Rumah Dengan 5 Cara Ini

Tikus itu tamu tak diundang yang sering main ke rumah. Sebenarnya tikus tidak hanya mengganggu. Tikus juga berbahaya karena dapat membawa penyakit tipes. Ada tikus di rumah?

Jauhkan tikus dari rumah dengan 5 cara ini:

1. Pasang Racun Alami dan Jebakan Tikus

Racun tikus tidak baik untuk lingkungan. Selain itu juga berbahaya bagi anak kecil dan hewan peliharaan. Cara terbaik untuk meracuni tikus adalah dengan menggunakan racun alami.

Cara membuat racun alami tikus sangat sederhana. Potong singkong tidak beraturan tanpa mengupas kulitnya. Rebus dengan air kelapa. Letakkan di area yang sering dilewati tikus. Ulangi selama beberapa hari.

Racun alami ini tidak langsung membunuh tikus. Namun setelah tikus memakan singkong, nafsu makannya hilang dan akan mati beberapa hari kemudian.

Rebusan Singkong dan Air Kelapa Racun Alami Untuk Tikus

Pasang jebakan tikus di sudut rumah. Jika sudah mengetahui jalan tikus alias jalur yang biasa dilalui binatang pengerat ini, pasang di situ.

2. Gunakan Bunyi-bunyian yang Nyaring

Binatang berkaki empat yang lincah ini sangat membenci bunyi-bunyian yang nyaring.

Ada banyak barang di rumah yang bisa dipakai untuk mengeluarkan bunyi yang melengking. Peluit, mainan kayu, mesin jahit, panci yang dipukul-pukul, seruling, sendok yang dihantamkan dengan gelas, dan banyak lagi.

Selain itu, jangkring juga bisa dipakai sebagai sumber bunyi-bunyian pengusir tikus. Murah, mudah dibeli di pasar, dan tidak menggunakan listrik.

3. Bersihkan dan Rapikan Rumah

Tikus suka tempat yang kotor. Kedatangan hewan kecil ini bisa jadi pertanda rumah tidak bersih. Buang sampah segera. Bersihkan sisa makanan. Simpan makanan di wadah kedap udara.

Pastikan rumah rapi dan bersih.

Berburu Tikus

4. Berburu Tikus

Salah satu senjata berburu adalah campuran cabai, deterjen, dan air. Semprotkan campuran ini untuk menyingkirkan hama pengganggu yang lincah.

Kayu atau besi panjang untuk memukul juga perlu. Kalau hanya sekedar menyemprot, tikus hanya akan kabur. Jika perlu memang lebih baik membunuh supaya teman-temannya tidak datang lagi ke rumah.

5. Manfaatkan Tanaman

Dua tanaman antitikus yang mudah ditanam adalah mengkudu dan daun mint.

Pastikan Anda menanam kedua tanaman ini untuk mencegah si pengerat menghampiri rumah.

 

Sudah siap menjauhkan tikus dari rumah?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *