Kiat Membeli Tanah di Kawasan Berkembang

Sangat menguntungkan dari sisi investasi apabila membeli tanah di kawasan berkembang. Tanah sebagai alat investasi terbukti mempunyai keunggulan yang berlipat dibandingkan dengan investasi yang lain, karena makin terbatasnya lahan berbanding terbalik dengan peminat. Keuntungan didapat dari kenaikan nilai progresif harga tanah Surabaya tiap tahunnya. Dapat pula berasal dari pemanfaatan tanah tersebut untuk kepentingan komersil yang lebih produktif. Namun, untuk membeli tanah di kawasan berkembang biasanya akan mendapat saingan dari para spekulan tanah yang bermodal besar. Memerlukan kecerdikan supaya investasinya tepat.

            Sebuah kawasan berkembang yang baru akan menjadi magnet investasi. Pemilik modal akan berbondong-bondong membelanjakan uangnya demi mendapat kesempatan untuk membeli tanah baru kemudian mengambil keuntungan. Perusahaan sektor industri, perusahaan pengembang, pabrik-pabrik baru, kawasan pemukiman serta sektor perkantoran dan pendidikan pun akan ramai membeli tanah. Investor perorangan pun tak luput dari pembebasan tanah. Akibatnya dalam waktu singkat harga tanah dapat melambung tinggi.

            Meskipun kawasan berkembang memiliki potensi investasi yang menguntungkan namun tidak mudah untuk mempraktekkannya. Apalagi para investor keuangan akan kesulitan mendapatkan tanah ideal karena harga yang sudah terlanjur tinggi menjadi hambatan utama.

            Kecerdikan dalam menemukan tanah yang bagus baik dari segi lokasi, harga serta potensi kenaikannya di masa depan sangat mutlak diperlukan oleh investor. Mengujinya dapat dengan melihat dengan seksama apakah kawasan tersebut akan terus berkembang atau tidak. Tidak sedikit kabar tentang berkembangnya suatu kawasan ternyata hanya sebatas kabar burung yang dikembangkan spekulan tanah untuk mendongkrak harga tanah yang terlanjur mereka kuasai.

            Tanda berkembanganya sebuah kawasan baru dapat dikenali dari pesatnya pertumbuhan sektor pemukiman. Apabila sektor pemukiman baru sudah mulai terbangun, maka dengan sendirinya sektor yang lain pun akan mengikuti. Daerah komersial seperti perkantoran, perdagangan, sekolah, tempat kuliner dan sekolah dipastikan akan menjamur sebagai penopang. Daya dorong ekonomi merupakan faktor yang utama dalam menstimulus perkembangan sebuah kawasan baru. Apabila sektor perdagangan berdenyut, maka sektor lain akan mengikutinya sebagai mata rantai.

            Cara lain untuk melihat apakah sebuah kawasan bakal berkembang juga dapat dilakukan dengan mengamati tingginya lalu lalang kendaraan yang melintasi seputar kawasan tersebut. Pemukiman baru menandakan bertambahnya jumlah penduduk baru di sebuah kawasan. Biasanya mobilitas mereka ke tempat kerja, pusat keramaian dan sentra aktifitas mereka akan meningkat. Keramaian dan hiruk pikuk akan terlihat dari lalu lalang kendaraan yang digunnakan. Hal itu bisa menjadi ukuran obyektif tumbuhnya sebuah kawasan.

            Berikut beberapa kiat untuk memastikan keputusan membeli tanah di kawasan berkembang sehingga akan menghasilkan keuntungan investasi :

  1. Carilah lokasi dengan pembayaran berjangka panjang dan dengan harga miring.

Apakah ada jenis tanah seperti itu ? jawabannya adalah ada. Penyebabnya bisa bermacam-macam. Salah satunya bisa proses turun waris dari para pemegang haknya atau bisa juga karena luasan lahannya memiliki kategori besar hingga mencapai puluhan ribu meter. Bisa juga karena bentuk tanahnya yang tidak ideal untuk fungsi komersial kecuali apabila digabung dengan tanah di sekitarnya.

  1. Belilah tanah yang masih leter C atau Petok D dan sejenisnya

Tanah yang masih leter C atau petok D dengan sendirinya akan memerlukan jangka waktu sekurang-kurangnya 6 bulan untuk menerbitkan sertifikat. Apalagi juka tanah leter C tersebut masih berstatus sawah basah. Memerlukan waktu kurang lebih 1 tahun untuk mengurus pengeringan hingga menjadi sertifikat hak milik pekarangan (SHMP). Apabila terdapat jenis sawah seperti tersebut, harga dan jangka waktu pembayarannya bisa dibawah standar harga tanah Surabaya.

Semoga bermanfaat !

Jika anda membutuhkan konsultasi dan jasa agen Properti The EdGe,

silahkan hubungi :

  • HOTLINE

    Telp :

  • 031 – 8191 – 3900 ;

  •  031 – 6012 – 3188 ;
  •  0888  0351  0959 ;
  • Email : info@belisewarumah.com
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
This entry was posted in Cara Investasi, INFO / BERITA PROPERTY and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>